Bank Mandiri Tingkatkan Transaksi Digital di Industri Kesehatan

PT Bank Mandiri Pesero Tbk. Meluncurkan Mandiri Healthcare Solutions sebagai solusi transaksi sekaligus pembiayaan untuk memudahkan rumah sakit di dalam menjalani proses bisnisnya.

Beberapa solusi transaksi yang disediakan oleh perseroan untuk rumah sakit adalah solusi penerimaan yang beradal dari pasien serta asuransi yang bisa memakai Layanan Mandiri Bill Collection, Mandiri EDC, serta e wallet lewat pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Layanan dengan basis digital itu juga sangat memudahkan rumah sakit untuk menerima pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan dan juga penerimaan klaim Covid – 19.

Ada juga solusi Hospital Claim Financing sehingga bisa memudahkan rumah sakit dalam mengatur arus kas.

Senior Vice President Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri Tri Nugroho berkata bahwa perseroan juga memberikan persediaan solusi Mandiri Hospital Aplication Solution atau MHAS dengan fitur rekonsiliasi serta dashboard untuk memudahkan rumah sakit dalam mengambil keputusan.

Selain itu, pada emiten bank dengan kode BMRI ini juga ikut memperkenalkan wholesale Kopra by Mandiri pada lebih dari 1000 rumah sakit swasta yang ada di Indonesia yang hadir ke dalam acara Seminar Virtual Asosiasi RS Swasta Indonesia atau ARSSI 2021.

“Dengan adanya Kopra by Mandiri ini nantinya akan melengkapi solusi transaksi digital yang ada sekarang ini khususnya pada industri kesehatan.” Ungkap Tri.

Tri juga memberikan penuturan jika platform tersebut mengintegrasikan semua kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign in atau SSO sehingga membuat nasabah lebih mudah dalam mengakses digital portal existing seperti trade finance, forex transaction, dan juga value chain financing.

Selain itu, demi memenuhi kebutuhan nasabah wholesale, Kopra by Mandiri juga memberikan penawaran layanan digital yang terbagi menjadi 3 varian yaitu Kopra Portal, Kopra Partership, serta Kopra Host to Host.

Hingga akhir September 2021, transaksi wholesale Bank Mandiri sendiri mencapai lebih dari 160 juta transaksi dengan nilai transaksi yang mencapai Rp 9.400 triliun lebih.